Berita Terbaru :

FILLARIASIS (INFORMASI BUAT APOTEKER DALAM PEMBERIAN OBAT)

Selasa, 12 Februari 2013



Filariasis disebabkan oleh infeksi cacing yang menyerang jaringan viscera (deeper tissue), pa-rasit ini termasuk kedalam superfamili Filaroidea, family onchorcercidae. Menurut lokasi kelainan yang ditimbulkan, terdapat dua golongan filariasis, yaitu yang menimbulkan kelainan pada saluran limfe (fi-lariasis limfatik) dan jaringan subkutis (filariasis subkutan).

Penyebab utama filariasis limfatik adalah  Wuchereria bancrofti, Brugia malayi dan Brugia timori; sedangkan filariasis subkutan disebabkan oleh Onchorcercia spp. Filariasis limfatik yang disebabkan oleh W.bancrofti disebut juga sebagai Bancroftian filariasis dan yang oleh Brugia malayi disebut sebagai Malayan filariasis. Filariasis limfatik ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles spp., Culex spp., Aedes spp. dan Mansonia spp.

Filariasis limfatik merupakan penyebab utama dari kecacatan didaerah endemic sehingga merupakan masalah kesehatan masyarakat utama.Pada tahun 1997, diperkirakan paling tidak 128 juta orang terinfeksi, diantaranya adalah anak usia dibawah 15 tahun, 115 juta oleh W. bancrofti dan 15 juta oleh Brugia spp. Penyakit ini tidak dijumpai lagi di Amerika Utara, Australia, Jepang, dan di beberapa negara termasuk China. Di Indonesia, filariasis merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Di Jawa Barat, hingga November 2008, sebanyak 875 orang telah positif terjangkit filariasis, bahkan 420 orang di antaranya termasuk penderita kronik,dengan penyebab utama W.bancrofti.Pada beberapa tahun belakangan terjadi peningkatan kasus limfatik filariasis di daerah perkotaan ( urban lymphatic filariasis ) yang disebabkan oleh peningkatan populasi penderita di per-kotaan akibat urbanisasi dan tersedianya vektor di daerah tersebut.

Klik disini untuk download artikel lengkap

Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright Heldi Candra 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Free Blogger Template | Powered by Blogger.com.